Ambulans adalah alat transportasi yang termasuk sebagai bentuk pelayanan medis dan digunakan untuk membantu berbagai kondisi gawat darurat, seperti kecelakaan lalu lintas, pasien serangan jantung mendadak, dan lain sebagainya.

Lebih tepatnya, fungsi ambulans adalah untuk mengangkut serta memberikan pertolongan pertama pada pasien selama dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Apakah fungsi ambulans hanya sebatas itu saja? Tentu tidak. Untuk mengetahui fungsi ambulans selengkapnya, Anda dapat menyimak ulasan di bawah ini sampai habis.

Mobil ambulans adalah unit transportasi atau kendaraan medis yang dilengkapi dengan peralatan medis dan berfungsi untuk mengangkut serta memberikan pertolongan pertama untuk pasien selama dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Pada bagian luar, kendaraan ini juga dilengkapi dengan sirene dan lampu rotator darurat yang digunakan untuk memberi tahu pengguna jalan lainnya untuk memberikan jalan.

Mobil ambulans merupakan sarana yang termasuk dalam sistem penanggulangan gawat darurat terpadu (SPGDT) sehingga penting untuk disediakan oleh rumah sakit atau fasilitas kesehatan.

Fungsi Ambulans

Pada dasarnya, fungsi ambulans adalah untuk mengangkut, memberikan pertolongan pertama, serta menangani pasien yang memerlukan perawatan intensif selama dalam perjalanan menuju rumah sakit. Di samping itu, fungsi mobil ambulance juga bervariasi tergantung dari jenis kendaraannya, yaitu:

1. Ambulans Dasar

Ambulans dasar merupakan jenis ambulans yang memiliki perlengkapan medis dasar. Adapun kegunaan ambulans dasar adalah untuk mengangkut pasien yang kondisinya relatif stabil dan memiliki jarak yang dekat dengan fasilitas kesehatan.

2. Ambulans Transportasi

Ambulans transportasi merupakan jenis mobil ambulans yang berfungsi untuk memindahkan pasien ke rumah sakit terdekat dari jarak sedang hingga jauh. Oleh karenanya, perlengkapan medis yang disediakan oleh ambulans transportasi cenderung lebih lengkap bila dibandingkan dengan ambulans dasar.

3. Ambulans Lengkap

Sesuai dengan namanya, ambulans lengkap menyediakan peralatan medis yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan jenis mobil ambulans lainnya. Fungsi ambulans lengkap adalah untuk membawa pasien gawat darurat yang kondisinya telah distabilisasi dari lokasi kejadian menuju rumah sakit dengan jarak cukup jauh.

Perbedaan Ambulans dan Mobil Jenazah

Jika dilihat dari bentuk kendaraannya, mobil ambulans memiliki tampilan yang serupa dengan mobil jenazah. Sebetulnya, dua alat transportasi ini memiliki perbedaan yang signifikan, baik dari fungsi hingga perlengkapan medisnya. Berikut penjelasannya.

1. Kondisi Ruangan di Dalam Mobil

Salah satu perbedaan mobil jenazah dan ambulance terletak dari kondisi ruangannya. Mobil ambulans memiliki ruangan yang luas karena perlu membawa berbagai macam peralatan medis. Di sisi lain, ruangan di dalam mobil jenazah cenderung lebih kecil karena hanya untuk membawa jenazah dari rumah sakit menuju pemakaman atau rumah duka.

2. Prioritas dalam Lalu Lintas

Pada dasarnya, baik ambulans maupun mobil jenazah perlu diprioritaskan di dalam lalu lintas jalan raya. Namun, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 1993 tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan, mobil ambulans yang mengangkut orang sakit lebih diprioritaskan daripada iring-iringan pengantaran jenazah.

3. Fasilitas Medis

Perbedaan ambulans dan mobil jenazah berikutnya dapat dilihat dari fasilitas medis yang melengkapi ruangan di dalam mobil tersebut. Mobil jenazah tidak memerlukan peralatan medis untuk menangani pasien sehingga hanya dilengkapi oleh tempat untuk meletakkan jenazah dan kursi untuk pendamping jenazah.

Sementara itu, mobil ambulansdilengkapi dengan berbagai peralatan medis dan obat-obatan yang berfungsi mengoptimalkan pertolongan pertama untuk pasien dengan kondisi yang gawat darurat. 

Di mobil ambulans, tenaga medis akan terus memantau kondisi dan tanda-tanda vital dari pasien, seperti pernapasan dan tekanan darah agar tetap stabil selama di perjalanan menuju rumah sakit.

Categories: Artikel